Langsung ke konten utama

Dampak Kurang Tidur Pada Wajah

Efek kurang tidur yang sering kali Anda lakukan dapat berdampak pada bentuk wajah Anda. Tanpa Anda sadari kebiasaan kurang tidur tersebut justru akan mengubah wajah Anda secara perlahan. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia, membandingkan foto dari kelompok orang yang tidurnya cukup – tidur minimal 7 jam dalam semalam – dengan kelompok orang yang hanya tidur 3-5 jam semalam.

Dari foto yang dilakukan tersebut, kelompok orang yang tidur dengan waktu yang cukup memang lebih segar, sehat, dan tidak loyo. Dari penelitian tersebut beberapa peneliti menyatakan bahwa kurang tidur dapat mengubah penampakan wajah Anda. Apa saja perubahan tersebut ?

Memicu Timbulnya Jerawat

Jerawat adalah salah satu bentuk peradangan yang menyerang kulit Anda. Sehingga jangan heran jika Anda kurang tidur kemudian dalam beberapa hari kemudian timbul noda-noda jerawat di wajah. Selain itu, hormon kortisol ini akan menyebabkan peningkatan produksi minyak di wajah yang akan memperburuk keadaan jerawat yang sedang tumbuh.

Saat Anda tidak memiliki waktu tidur yang teratur serta cukup, maka hal itu akan mempengaruhi kesehatan mental dan tanpa disadari Anda akan merasa depresi dan stres. Sementara, jumlah hormon kortisol yang disebabkan oleh kurang tidur akan menyebabkan tubuh rentan terhadap peradangan serta inflamasi pada kulit wajah

Kantung Mata

Penyebab terjadinya kantung mata yang utama adalah faktor usia. Usia semakin tua mengakibatkan kulit mulai mengendur, struktur jaringan dan otot yang menumpu penutup mata pun mulai melemah. Adapun faktor lain yang dapat membuat kantung mata semakin parah adalah kurangnya jam tidur atau istirahat Anda.

Hal ini bisa diatasi dengan cara mengompresnya menggunakan air dingin. Ketika Anda kurang tidur, dan di pagi hari Anda mendapati kantung mata Anda membesar, solusi paling mudah adalah kompresan dingin.

Wajah Terlihat Lebih Tua

Sebuah studi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menemukan bahwa perkiraan 27% pasien yang disurvei melaporkan “kesulitan tidur”. Kondisi ini mempengaruhi perempuan lebih banyak dari laki-laki karena perempuan yang sensitif terhadap perubahan, dan lebih rentan terhadap kecemasan dan depresi. Kondisi ini dapat mempengaruhi pasien pada usia berapa pun, tetapi seiring usia Anda bertambah tua, ini dapat meningkatkan peluang Anda untuk mengalami insomnia.


Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa seseorang yang memiliki kebiasaan insomnia dan tidak mempunyai waktu yang cukup untuk tidur di malam hari akan terlihat 10 tahun lebih tua dari usia aslinya.

Tips Mengatasi Susah Tidur

  • Berolahraga dan tetap aktif.
  • Periksa obat Anda: jika Anda menggunakan obat secara teratur, periksa dengan dokter Anda untuk melihat apakah obat Anda dapat menyebabkan insomnia.
  • Hindari atau batasi tidur siang. Tidur siang yang tidak lebih dari 30 menit sudah cukup, dan hindari tidur siang setelah jam 3 sore.
  • Hindari atau batasi asupan kafein dan alkohol dan jangan menggunakan nikotin.
  • Hindari makan makanan besar dan minuman sebelum tidur. 

Komentar