Langsung ke konten utama

5 Camilan Diet Sehat Dan Enak Yang Wajib Anda Coba

Diet bukan berarti tidak makan sama sekali atau tidak memanjakan diri dengan camilan favorit, lho! Anda tetap bisa ngemil, hanya saja Anda perlu lebih bijak memilah-milih jenis makanannya dan mengatur porsinya. Anda dapat memilih camilan sehat yang tidak akan membuat Anda kelaparan ketika jam makan tiba, yang bisa membuat Anda justru makan berlebihan. Apa saja camilan untuk diet yang bisa dinikmati ketika kelaparan melanda?



Berikut ini rekomendasi beberapa pilihan camilan untuk diet yang sehat dan rasanya tak kalah enak dengan camilan lain :
  • Alpukat dan Keju
Jika Anda sedang menginginkan camilan yang kaya, creamy, dan lezat, Anda bisa mengandalkan alpukat. Berikut ini cara yang bisa Anda coba untuk mengonsumsi alpukat: belah dua alpukat ukuran sedang dan buang bijinya. Parut keju di atasnya untuk mengisi cekungan tersebut. Camilan sehat ini bisa menyediakan kalori sebesar 200 kalori, 9 g protein, dan 7 g serat.
  • Tuna Kalengan dan Crackers
Jika Anda tidak menginginkan susu pada menu camilan untuk diet Anda, tuna kaleng dapat menjadi andalan untuk mendapat protein dan omega-3. Untuk mendapatkan 200 kalori, Anda bisa menikmati 85 g tuna dan 6 crackers gandum utuh, jumlah yang Anda dapatkan 3 g serat dan 10 g protein
  • Seafood
Mungkin tidak pernah terpikirkan bahwa kerang dan udang termasuk ke dalam makanan ringan atau camilan. Kabar baiknya, Anda bisa mencoba makanan lezat ini dengan menambahkan greek yogurt dan alpukat, sumber protein yang bisa Anda dapatkan 9 g pada setiap sajian dan 4 g serat.
  • Tahu Bumb Miso
Tahu adalah makanan tinggi protein, sekitar 12 gram per porsinya, yang bisa dengan mudah Anda dapatkan.

Sementara itu, miso merupakan makanan asal Jepang yang terbuat dari fermentasi rebusan kedelai, beras atau campuran kedua bahan tersebut dengan menambahkan sedikit garam. Tahu pun terbuat dari kedelai. Tidak heran, menu ini juga mengandung banyak serat tapi kalori yang terkandung di dalamnya hanya 164 gram.
  • Pisang Selai Kacang
Anda bisa mengoleskan satu sendok makan selai kacang ke pisang. Menurut penelitian 2013 British Journal of Nutrition yang dikutip oleh situs Health, camilan untuk diet ini manjur menahan nafsu makan sepanjang siang hari.

Sumber karbohidrat dari pisang mampu meningkatkan energi Anda, sementara kandungan protein dari selai kacang bisa menjaga energi tetap awet selama beberapa jam ke depan. Tapi ingat, selalu pilih selai kacang yang bebas gula, ya.

Komentar